Senin, 18 Januari 2016

Tugas 7 Ekonomi Koperasi : Koperasi di Indonesia dan Contoh Koperasi sukses

Koperasi di Indonesia dan Contoh Koperasi Sukses

            Koperasi adalah lembaga yang tumbuh atas dasar solidaritas tradisional. Solidaritas tercipta atas kerjasama antar individu. Setiap individu saling aktif melakukan ekonomi koperasi. Sering disebut sebagai Koperasi Historis atau Koperasi  Pra-Industri. Tujuan utama Koperasi adalah mengembangkan kesejahteraan anggota secara khusus dan masyarakat secara umum. Manfaat yang diterima anggota lebih diutamakan  dari pada laba dengan tetap mengusahakan agar koperasi tidak mengalami kerugian. Setiap anggota mencapai tujuannya dengan karya dan jasa yang disumbangkan. Koperasi pada dasarnya dapat ditelaah dari tiga sudut pandang, yaitu organisasi, proses, dan gaya (Hendar dan Kusnadi, 1999).
            Di Indonesia, koperasi berdiri pertama kali tahun 1896. Ide-ide perkoperasian diperkenalkan pertama kali oleh Patih R. Aria Wiraatmadja. Ia mendirikan sebuah Bank untuk Pegawai Negeri. Karena terdorong untuk menolong para pegawai. Saat itu banyak penderitaan yang dialami pegawai dan masyarakat. Dengan adanya koperasi, kehidupan masyarakat semakin maju. Ini dibuktikan dengan banyaknya koperasi yang telah sukses.
            Kesuksesan sebuah Koperasi tidak lepas dari usaha anggotanya. Salah satu contoh koperasi sukses ialah koperasi Gapoktani Tani Sehat Brebes. Koperasi Gapoktani Tani Sehat ini adalah organisasi watak ekonomi rakyat yang berwatak sosial. Anggotanya terdiri dari para petani yang merupakan susunan ekonomi sebagai usaha bersama. Keberadaan koperasi Gapoktani Tani Sehat ini sudah sangat dikenal masyarakat Brebes. Koperasi ini melaksanakan program pemberdayaan petani sehat yang telah dilakukan oleh Pertaniaan Sehat Indonesia.
            Salah satu program pemberdayaan petani sehat Gapoktani Tani Sehat adalah produk bawang merah. Usaha ini diawali dengan kerjasama penelitian dengan Kementerian Lingkungan Hidup RI. Melalui proses penguatan SDM petani, kelompok dan mitra petani Tani Sehat terus dikembangkan. Koperasi sebagai institutsi ekonomi rakyat dengan watak sosial menjadi instrumen legal formal dalam pengembangan program. Dengan dukungan berbagai pihak seperti Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten. Koperasi Gapoktani Tani Sehat terus mengejar mimpi bersama. Melanjutkan dan mengembangkan program pertanian dan pemberdayaan masyarakat khususnya Sektor pertanian hortikultur bawang merah.
Daftar Pustaka :
-       Hendar, dan Kusnadi, 1999, Ekonomi Koperasi. Jakarta : Universitas Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar