Nama Kelompok 3_4eb16
1.
Ade Agus K. (20212118)
2.
Aristya Grace N. (21212952)
3.
Dewi Komalasari (21212952)
4.
Earlyna R (22212348)
5.
Herawati Palentina (2B214231)
6.
Maharaja Laila (2A212071)
7.
Rendi Winarta (2B215033)
Pertanyaan kelompok 1
Berikan contoh “apa yang benar dan baik serta apa yang tidak
benar dan tidak baik bagi profesional akuntan maupun guru’. Berdasarkan
Kelompok anda!
Jawab:
Yang benar dan baik bagi profesional akuntan maupun guru
Akuntan
§
memiliki komitmen moral yang tinggi yang biasanya dituangkan
dalam bentuk aturan khusus yang menjadi pegangan bagi setiap orang yang
mengembangkan profesi yang bersangkutan.
§
setiap anggota harus senantiasa menggunakan pertimbangan moral
dan profesional dalam semua kegiatan yang dilakukannya.
§
bertanggungjawab untuk bekerja sama dengan sesama anggota untuk
mengembangkan profesi akuntansi, memelihara kepercayaan masyarakat dan
menjalankan tanggung jawab profesi dalam mengatur dirinya sendiri.
Guru
§
mendidik, mengasuh, membimbing, dan membentuk kepribadian siswa
guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM).
§
membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan
hidupnya secara optimal dengan segala kemampuannya dan daya upayanya
mempersiapkan pembelajaran bagi peserta didiknya.
Yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional akuntan maupun
guru
Akuntan
§
dapat memanipulasi laporan keuangan
§
tidak profesional dalam memberikan jasanya terhadap pengguna
jasa akuntan.
§
tidak bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan tanggung
jawabnya yang harus dilakukan demi menjaga kepercayaannya terhadap cliennya.
Guru
§
guru bertindak semaunya dalam memberikan pelajaran dan tugas.
§
guru tidak memperdulikan muridnya yang mengerti dalam pelajaran.
Pertanyaan Kelompok 2
Seorang Guru Akuntansi disekolah mengikuti kode etik guru apa kode
etik akuntan?
Jawab:
Guru akuntansi di sekolah termasuk ke dalam profei akuntansi
pendidik yang mana akuntan pendidik memiliki tugas utama mengajarkan dan
mengembangkan akuntansi misalnya dosen dan guru mata pelajaran akuntansi. Untuk
mendapatkan gelar akuntan, maka sarjana ekonomi jurusan akuntansi harus
menempuh program pendidikan profesi akuntansi (PPAk).
Namun dalam hal ini seorang guru akuntansi disekolah memiliki
sertifikat pendidikan. Jadi, guru akuntansi harus mengikuti kode etik guru yang
berlaku yang mana profesi yang mempersiapkan sumber daya manusia untuk
menyongsong pembangunan bangsa dalam mengisi kemerdekaan bukan
berkewajiban untuk senantiasa bertindak dalam kerangka pelayanan kepada
publik, menghormati kepercayaan publik, dan menunjukan komitmen atas
profesionalisme.
Pertanyaan Kelompok 4
Apa yang dimaksud dengan Kompetensi Pedagogik?
Jawab:
Pengertian Kompetensi pedagogik dalam Standar Nasional
Pendidikan seperti yang dikutip oleh Mukhlis (2009: 75) adalah kemampuan
mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta
didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan
pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang
dimilikinya.
Kompetensi Pedagogik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari
empat kompetensi utama yang harus dimiliki seorang guru, yaitu kompetensi
pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Kompetensi Pedagogik yaitu
kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar