Selasa, 26 Januari 2016

Tugas 4 Etika Profesi Akuntansi : Menjawab Pertanyaan dari Kelompok 1,2,dan 4



Nama Kelompok 3_4eb16
1.        Ade Agus K.     (20212118)
2.        Aristya Grace N. (21212952)
3.        Dewi Komalasari    (21212952)
4.        Earlyna R     (22212348)
5.        Herawati Palentina    (2B214231)
6.        Maharaja Laila        (2A212071)
7.        Rendi Winarta          (2B215033)

Pertanyaan kelompok 1
Berikan contoh “apa yang benar dan baik serta apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional akuntan maupun guru’. Berdasarkan Kelompok anda!
Jawab:
Yang benar dan baik bagi profesional akuntan maupun guru
Akuntan
§  memiliki komitmen moral yang tinggi yang biasanya dituangkan dalam bentuk aturan khusus yang menjadi pegangan bagi setiap orang yang mengembangkan profesi yang bersangkutan.
§  setiap anggota harus senantiasa menggunakan pertimbangan moral dan profesional dalam semua kegiatan yang dilakukannya.
§  bertanggungjawab untuk bekerja sama dengan sesama anggota untuk mengembangkan profesi akuntansi, memelihara kepercayaan masyarakat dan menjalankan tanggung jawab profesi dalam mengatur dirinya sendiri.
Guru
§  mendidik, mengasuh, membimbing, dan membentuk kepribadian siswa guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM).
§  membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal dengan segala kemampuannya dan daya upayanya mempersiapkan pembelajaran bagi peserta didiknya.
Yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional akuntan maupun guru
Akuntan
§  dapat memanipulasi laporan keuangan
§  tidak profesional dalam memberikan jasanya terhadap pengguna jasa akuntan.
§  tidak bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya yang harus dilakukan demi menjaga kepercayaannya terhadap cliennya.
Guru
§  guru bertindak semaunya dalam memberikan pelajaran dan tugas.
§  guru tidak memperdulikan muridnya yang mengerti dalam pelajaran.

Pertanyaan Kelompok 2
Seorang Guru Akuntansi disekolah mengikuti kode etik guru apa kode etik akuntan?
Jawab:
Guru akuntansi di sekolah termasuk ke dalam profei akuntansi pendidik yang mana akuntan pendidik memiliki tugas utama mengajarkan dan mengembangkan akuntansi misalnya dosen dan guru mata pelajaran akuntansi. Untuk mendapatkan gelar akuntan, maka sarjana ekonomi jurusan akuntansi harus menempuh program pendidikan profesi akuntansi (PPAk).
Namun dalam hal ini seorang guru akuntansi disekolah memiliki sertifikat pendidikan. Jadi, guru akuntansi harus mengikuti kode etik guru yang berlaku yang mana profesi yang mempersiapkan sumber daya manusia untuk menyongsong pembangunan bangsa dalam mengisi kemerdekaan bukan  berkewajiban untuk senantiasa bertindak dalam kerangka pelayanan kepada publik, menghormati kepercayaan publik, dan menunjukan komitmen atas profesionalisme.
Pertanyaan Kelompok 4
Apa yang dimaksud dengan Kompetensi Pedagogik?
Jawab:
Pengertian Kompetensi pedagogik dalam Standar Nasional Pendidikan seperti yang dikutip oleh Mukhlis (2009: 75) adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Kompetensi Pedagogik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari empat kompetensi utama yang harus dimiliki seorang guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Kompetensi Pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar