SOAL
1. Kapan
dan dimana mulai usaha? Apakah dengan usaha yang sama?
2. Apakah
dia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri?
3. Sumber
modal usahanya,dana sendiri atau dana dari luar? Berapa dananya?
4. Awal
memasarkan produk!
5. Apakah
menjual produk yang sama!
6. Pemilik
usaha tersebut awal dan sekarang!
7. Bentuk
kepemilikannya!
8. Berapakah
tenaga kerja yang dipakai awal dan sekarang!
9. Apakah
ada system manajemen tertentu pada saat sekarang ?
10. Apakah
ada orang yang ditunjuk sebagai ketua atau coordinator ! Bagaimana cara
penunjukannya?
11. Prestasi
yang didapatkan!
12. Menurut
anda apakah usaha tersebut usaha sukses? Sebutkan 7 kelayakan usaha!
13. Apakah
dia akan bertahan lama dan berkembang !Jelaskan pendapatmu!
Jawaban
1. Puspo
wardoyo memulai usahanya di Jl.SMA II Polonia Medan, November tahun 1991
2. Dia
mengembangkan usahanya sebagai usaha yang mandiri, tidak ada ketergantungan
3. Modal
awal Rp 2.400.000 adalah modal sendiri, digunakan untuk menyewa rumah, membeli
motor vesva, dan membangun warung kecil dengan ukuran 4 x 4m
4. Awal
memasarkan produk dikota Medan
5. Masih
dengan produk yang sama
6. Pemilik
awal dan sekarang adalah Puspo Wardoyo, setelah beberapa waktu dia
mewaralabakan bisnisnya kepada orang lain
7. Rumah
makan Ayam Bakar Wong Solo, dikelola dalam bentuk hukum, PT Sarana Bakar
Bigdaya yang didirikan tanggal 29 juli 1997, dengan komposisi saat itu adalah
Puspo Wardoyo sebesar 8,5 % dan PT Sarana Sumut Ventura sebesar 15 % .
Keikutsertaan PT Sarana Sumut Ventura sebagai pemegang saham PT.Sarana Bakar
Bigdaya ini guna memberi sinergi kepada usaha Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo.
Karena selain pembiayaan PT Sarana Sumut Ventura juga melakukan pendampingan
manajemen dalam operasionalnya
8. Awal
: 1 orang . Tahun 2001 cab. Malang 44 karyawan
9. Ada
system manajemen, yaitu PT Sarana Sumut Ventura
10. Tidak
ada orang yang ditunjuk sebagai coordinator
11. Mendapatkan
penghargaan Enterprise 50 sebagai waralaba local terbaik dari President RI
Megawati Soekarno Putri
12. Usaha
ayam bakar ini disebut sukses karena sudah berjalan lebih dari 10 tahun
7 kelayakan usaha :
a) Aspek
Pasar : Memiliki outlet lebih dari 40 outlet di Indonesia dan beberapa outlet
di Luar Negeri.
Cabang
: Medan, Banda Aceh, Padang, Solo, Denpasar, Pekanbaru, Surabaya, Jakarta,
Malang, Yogyakarta.
Cabang
Luar Negeri : Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi
b) Aspek
Tekhnik dan Produk : manual
c) Aspek
lokasi dan Tempat : memiliki outlet lebih dari 40 outlet di Indonesia dan
beberapa outlet diluar Nigeri
d) Aspek
Managemen / Pengelolaan :
Nama
Waralaba : Ayam
Bakar Wong Solo
Kategori
Waralaba : Makanan dan
Minuman
Pewaralaba : PT Sarana Bakar Bigdaya
Bentuk
kerjasama : Waralaba
Target
Pasar : Kelas
Menengah
Management : PT Sarana Sumut
Ventura
Tahun
Bendiri : 1991
Tahun
diwaralabakan : 2001
Jumlah
Gerai : 56 Gerai
( termasuk 16 milik sendiri )
e) Aspek
Hukum : Pemilik awal Puspo Wardoyo,
kemudian diwaralabakan
f) Aspek
Lingkungan dan Ekonomi :
Perekonomian
Nasional : Mengurangi Pengangguran
Manfaat
untuk Masyarakat : Rekruitmen tenaga Kerja
g) Aspek
Keuagan :
Aset : berupa Gerai sebanyak 56
Modal
Kerja :
13. Ayam Bakar Puspo Wardoyo akan bertahan lama dan
berkembang karena memiliki semangat dan kerja keras yang tinggi, dia
mewaralabakan bisnisnya dengan orang lain
juga .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar