Senin, 01 Juli 2013

SOAL USAHA

SOAL
1.      Kapan dan dimana mulai usaha? Apakah dengan usaha yang sama?
2.      Apakah dia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri?
3.      Sumber modal usahanya,dana sendiri atau dana dari luar? Berapa dananya?
4.      Awal memasarkan produk!
5.      Apakah menjual produk yang sama!
6.      Pemilik usaha tersebut awal dan sekarang!
7.      Bentuk kepemilikannya!
8.      Berapakah tenaga kerja yang dipakai awal dan sekarang!
9.      Apakah ada system manajemen tertentu pada saat sekarang ?
10.  Apakah ada orang yang ditunjuk sebagai ketua atau coordinator ! Bagaimana cara penunjukannya?
11.  Prestasi yang didapatkan!
12.  Menurut anda apakah usaha tersebut usaha sukses? Sebutkan 7 kelayakan usaha!
13.  Apakah dia akan bertahan lama dan berkembang !Jelaskan pendapatmu!

Jawaban
1.      Puspo wardoyo memulai usahanya di Jl.SMA II Polonia Medan, November tahun 1991
2.      Dia mengembangkan usahanya sebagai usaha yang mandiri, tidak ada ketergantungan
3.      Modal awal Rp 2.400.000 adalah modal sendiri, digunakan untuk menyewa rumah, membeli motor vesva, dan membangun warung kecil dengan ukuran 4 x 4m
4.      Awal memasarkan produk dikota Medan
5.      Masih dengan produk yang sama
6.      Pemilik awal dan sekarang adalah Puspo Wardoyo, setelah beberapa waktu dia mewaralabakan bisnisnya kepada orang lain
7.      Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo, dikelola dalam bentuk hukum, PT Sarana Bakar Bigdaya yang didirikan tanggal 29 juli 1997, dengan komposisi saat itu adalah Puspo Wardoyo sebesar 8,5 % dan PT Sarana Sumut Ventura sebesar 15 % . Keikutsertaan PT Sarana Sumut Ventura sebagai pemegang saham PT.Sarana Bakar Bigdaya ini guna memberi sinergi kepada usaha Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo. Karena selain pembiayaan PT Sarana Sumut Ventura juga melakukan pendampingan manajemen dalam operasionalnya
8.      Awal : 1 orang . Tahun 2001 cab. Malang 44 karyawan
9.      Ada system manajemen, yaitu PT Sarana Sumut Ventura
10.  Tidak ada orang yang ditunjuk sebagai coordinator
11.  Mendapatkan penghargaan Enterprise 50 sebagai waralaba local terbaik dari President RI Megawati Soekarno Putri
12.  Usaha ayam bakar ini disebut sukses karena sudah berjalan lebih dari 10 tahun
7 kelayakan usaha :
a)      Aspek Pasar : Memiliki outlet lebih dari 40 outlet di Indonesia dan beberapa outlet di Luar Negeri.
Cabang : Medan, Banda Aceh, Padang, Solo, Denpasar, Pekanbaru, Surabaya, Jakarta, Malang, Yogyakarta.
Cabang Luar Negeri : Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi
b)      Aspek Tekhnik dan Produk : manual
c)      Aspek lokasi dan Tempat : memiliki outlet lebih dari 40 outlet di Indonesia dan beberapa outlet diluar Nigeri
d)     Aspek Managemen / Pengelolaan :
Nama Waralaba                       : Ayam Bakar Wong Solo
Kategori Waralaba                  : Makanan dan Minuman
Pewaralaba                              : PT Sarana Bakar Bigdaya
Bentuk kerjasama                    : Waralaba
Target Pasar                            : Kelas Menengah
Management                           : PT Sarana Sumut Ventura
Tahun Bendiri                         : 1991
Tahun diwaralabakan              : 2001
Jumlah Gerai                           : 56 Gerai ( termasuk 16 milik sendiri )
e)      Aspek Hukum : Pemilik awal Puspo Wardoyo, kemudian diwaralabakan
f)       Aspek Lingkungan  dan Ekonomi :
Perekonomian Nasional : Mengurangi Pengangguran
Manfaat untuk Masyarakat : Rekruitmen tenaga Kerja
g)      Aspek Keuagan :
Aset     : berupa Gerai sebanyak 56
Modal Kerja    :

13.  Ayam  Bakar Puspo Wardoyo akan bertahan lama dan berkembang karena memiliki semangat dan kerja keras yang tinggi, dia mewaralabakan bisnisnya dengan orang lain  juga . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar